HARI 82 - KELUARAN 32


TUGAS ANDA, BACALAH KELUARAN 32 (Baca Disini)

GARIS BESAR KELUARAN 32
Anak Lembu Emas yang dibuat oleh bangsa Israel untuk disembah.

PENJELASAN

Selaku pemimpin, Harun telah melakukan pengkhianatan yang serius terhadap standar Allah untuk menyenangkan umat yang dilayaninya. Dia menyerah kepada tekanan-tekanan fasik bangsa Israel dan melanggar hukum kedua. Hanya doa syafaat Musa yang dapat menyelamatkannya dari murka Allah dan kematian.

Umat itu mulai melakukan tari-tarian berhawa nafsu dan kebejatan seksual. Ayat 25 yang mengatakan bahwa mereka “seperti kuda yang terlepas dari kandang,” memberikan kesan bahwa mereka mungkin sampai telanjang. Jadi, dosa bangsa Israel mungkin meliputi penyingkapan ketelanjangan orang lain untuk permainan dan kesenangan seksual, sesuatu yang sangat dilarang oleh hukum Allah.

Doa syafaat Musa bagi umat Israel menunjukkan bahwa Allah menjawab doa-doa para hamba-Nya yang setia dan membiarkan mereka berperan serta dalam tujuan-tujuan dan keputusan-keputusan-Nya mengenai penebusan. Jelas sekali bahwa Allah ingin membinasakan umat pemberontak itu (ayat 10). Namun Musa, yang bertindak sebagai perantara di antara Tuhan dengan umat itu, dengan sungguh-sungguh memohon syafaat supaya melunakkan hati Allah sehingga mengubah maksud-Nya.

Panggilan Musa untuk setia kepada Allah mencerminkan prinsip bahwa di tengah-tengah pemberontakan dan kemunduran rohani, satu-satunya jalan bagi orang percaya ialah jalan yang ditandai oleh ketaatan tegas kepada hukum Allah dan pemisahan yang jelas dari kemurtadan.

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami:

0 Response to "HARI 82 - KELUARAN 32"

Posting Komentar

CONTACT US

Untuk menghubungi Admin blog, silahkan pilih cara yang Anda sukai berikut. Kami akan langsung merespon Anda jika tidak berhalangan

icon 1 Pondok Padisari, Jl. Damai, Tamalanrea Indah, Makassar 90245

icon 2 0823-9345-xxxx

icon 3 Sabtu - Minggu, 09.00 - 18.00


×