KEBANGKITAN KRISTUS ADALAH KEMENANGAN KITA


1 Korintus 15:51-58

15:51. Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, 

15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. 

15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati. 

15:54 Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan. 

15:55 Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?" 

15:56 Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. 

15:57 Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. 

15:58. Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Paulus memberitahu kepada jemaat di Korintus, bahwa kebangkitan Kristus hendaknya meyakinkan setiap orang tentang pemeliharaan dan kuasa Tuhan! Persoalan terberat yang dihadapi oleh manusia ialah kematian. Tak satu pun manusia yang bisa melawan hal tersebut! Namun demikian, kebangkitan Kristus menegaskan bahwa kematian pun sesungguhnya telah ditaklukkan. Persoalan terbesar dalam hidup manusia bisa ditaklukkan oleh Kristus. 

Kebangkitan Kristus jelas memberi Kemenangan kepada setiap kita orang percaya dalam segala hal. Karena sesungguhnya tidak ada lagi kekalahan dalam kehidupan orang yang percaya kepada Yesus, sebab Dia sudah menanggung semua kekalahan itu dengan mengalahkannya melalui kematiaan-Nya di kayu salib dan bangkit dalam kemenangan.

1. KEBANGKITAN MEMBERI KITA KEPASTIAN KESELAMATAN

Paulus melihat makna kebangkitan Kristus sebagai sumber pengharapan yang menguatkan keyakinan bahwa mereka yang telah mati di dalam Kristus Yesus pasti dibangkitkan dan memperoleh kepastian keselamatan. Dalam 1 Korintus 15:17-18, menjelaskan bahwa apabila Kristus tidak dibangkitkan dari kematian maka sia-sialah kepercayaan kita, sebab kita masih hidup dalam dosa yang berarti menuju kepada kebinasaan. 

Betapa pentingnya kematian dan kebangkitan Kristus bagi keselamatan setiap orang yang percaya kepada-Nya. Yesus bukan hanya mati di kayu salib tetapi Dia juga bangkit dari kematian itu. Sebab jika Ia tidak bangkit maka tidak ada kemenangan dan kepastian keselamatan orang percaya. Yesus mengalahkan maut dan semua masalah manusia ketika Dia juga bangkit dari kematian.

2. KEBANGKITAN KRISTUS ADALAH KEMENANGAN KITA

Maut adalah musuh manusia yang terbesar. Maut tidak dapat dikalahkan oleh: kekayaan, kekuataan fisik, dan kepandaian otak. Ketiga hal itu biasanya digunakan oleh manusia untuk mempertahankan dan mengembangkan hidup mereka. Namun, ketika maut datang, kekayaan manusia tidak dapat menyuapnya; kekuatan fisik tidak dapat mengalahkannya; dan kepandaian otak tidak dapat menaklukkannya. 

Sungguh, maut merupakan musuh manusia yang paling menakutkan. Tetapi, Yesus sudah mengalahkannya di atas salib dan bangkit dari kematian sehingga memberi kita kemenangan bahkan atas maut. Tuhan sudah mengalahkan maut, apakah itu berarti bahwa setiap orang beriman tidak akan mengalami kemaatian lagi? Umat Tuhan pada suatu saat tetap akan mengalami kematian, namun konsep tentang kematian itu sudah berubah. Maut tidak lagi sebagai hal yang menakutkan, namun sebagai "pintu gerbang" menuju kemuliaan kekal.

Dari maut saja kita sudah mengalami kemenangan, maka tidak ada hal lagi yang dapat mengalahkan kita. Baik itu masalah, masa lalu, ketakutan dan lain sebagainya. Semua pergumulan setiap orang yang percaya kepada Kristus sudah dikalahkan oleh-Nya sehingga kita menjadi menang. 

Apakah umat Tuhan bisa hidup bebas dari segala tantangan dan kesulitan? Tidak! Justru melalui tantangan dan kesulitan yang dialami akan terbuktilah kemenangan yang dari Tuhan bagi umat- Nya. Seorang pemenang adalah dia yang telah mengalahkan segala kesulitan dan tantangan di dalam hidupnya. Jikalau tidak ada kesulitan, menang atas apa?Firman Tuhan tidak mengajar kita untuk lari dari kesulitan. Jikalau hal itu dikehendaki Tuhan, mintalah hikmat dan kekuatan daripada-Nya untuk menaklukkan segala kesulitan.

3. KEBANGKITAN KRISTUS MENDORONG KITA GIAT MELAYANI

Seorang pemain bola, setelah ia melesakkan gol ke gawang lawan, dia akan berlari penuh semangat merayakan kemenangannya itu. Inilah yang terjadi pada murid-murid Tuhan saat mereka menyaksikan Tuhan Yesus bangkit! Semangat yang berapi-api melayani Tuhan. Mereka menjadi saksi atas kebangkitan Tuhan Yesus, dengan resiko dianiaya, dihina, diejek. Dan mereka juga tidak pernah mengharapkan pujian, penghargaan, atau pun bayaran dari manusia. 

Semangat mereka ini dilandaskan pada satu keyakinan, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payah mereka tidak sia-sia (ayat 58). Sikap dan pemahaman inilah yang Paulus tuntut ada di dalam kehidupan jemaat Korintus. Bagi Paulus, pemberitaan bahwa Tuhan Yesus sudah bangkit dan dengan demikian, orang percaya juga akan bangkit, jauh lebih penting dari pada memperdebatkan siapa memiliki karunia apa, atau siapa masuk kelompok mana. Karena orang percaya yang imannya tetap teguh dan giat dalam pekerjaan Tuhan, percaya bahwa mereka melayani Tuhan yang HIDUP! 

Pelayanan jadi bermakna karena yang mereka layani hidup dan berkuasa. Mereka percaya bahwa karena Yesus hidup, maka Dia menyertai dengan kemampuan dan kuasa Nya dan karena Dia hidup, Dia janjikan dan pastikan bahwa setiap pelayan Nya menerima upah saat Dia kembali. Tuhan Yesus Memberkati.

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami:

0 Response to "KEBANGKITAN KRISTUS ADALAH KEMENANGAN KITA "

Posting Komentar

CONTACT US

Untuk menghubungi Admin blog, silahkan pilih cara yang Anda sukai berikut. Kami akan langsung merespon Anda jika tidak berhalangan

icon 1 Pondok Padisari, Jl. Damai, Tamalanrea Indah, Makassar 90245

icon 2 0823-9345-xxxx

icon 3 Sabtu - Minggu, 09.00 - 18.00


×