HARI 241 - 1 SAMUEL 5

Selamat membaca, mendengarkan, merenungkan, dan melakukan firman Tuhan. Kiranya Roh Kudus senantiasa menuntun Anda dalam memahami Sabda-Nya dan memampukan Anda menjadi pelaku firman. Tuhan Yesus Memberkati.

TUGAS ANDA, 1 SAMUEL 5 (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN 1 SAMUEL PASAL 5 VERSI FIRMAN ALLAH YANG HIDUP (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN 1 SAMUEL PASAL 5 VERSI BAHASA INDONESIA MASA KINI (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN 1 SAMUEL PASAL 5 VERSI ALKITAB SUARA (Dengar Disini)

GARIS BESAR 1 SAMUEL 5
Tabut TUHAN di Asdod dan Ekron.

PENJELASAN
Perikop sebelum ini memaparkan bagaimana Allah menghukum imam Eli dan anak-anaknya serta umat Israel melalui kekalahan mereka dalam peperangan melawan orang Filistin, dan secara khusus lewat dirampasnya tabut Tuhan oleh musuh. Hukuman itu diberikan karena anak-anak Eli telah melanggar kesucian Allah, mengakibatkan semua Israel juga berdosa kepada-Nya.

Dalam perikop ini, kita belajar bahwa kesucian Allah bersifat universal. Dia bukan hanya Allah Israel, tetapi Allah bangsa-bangsa, termasuk Filistin. Maka, orang Filistin pun mendapatkan ganjarannya karena melanggar kesucian Allah. Mereka mengira bahwa TUHAN hanyalah salah satu dewa yang boleh disejajarkan dengan dewa-dewa mereka. Bahkan mereka mengira TUHAN Allah telah kalah dari dewa Dagon mereka, terbukti dari kekalahan pasukan Israel dari orang Filistin. Itu sebabnya mereka menaruh tabut Allah yang bagi mereka seperti berhala di kuil Dagon. Justru TUHAN Allah menyatakan diri kepada bangsa itu bahwa Dia adalah satu-satunya Allah yang hidup dan yang layak disembah (3-4, 6-12).

Tabut Allah tidak kehilangan kuasanya. Allah masih menjadikan tabut-Nya sebagai simbol kehadiran-Nya. Terbukti, ketika Dagon, berhala orang Filistin itu harus dibuat “kalang kabut” dan akhirnya pecah ketika disandingkan dengan tabut Allah. Tidak mungkin berhala berkoalisi dengan Allah. Tidak mungkin dosa dan kekudusan membentuk aliansi.

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami:

0 Response to "HARI 241 - 1 SAMUEL 5"

Posting Komentar

CONTACT US

Untuk menghubungi Admin blog, silahkan pilih cara yang Anda sukai berikut. Kami akan langsung merespon Anda jika tidak berhalangan

icon 1 Pondok Padisari, Jl. Damai, Tamalanrea Indah, Makassar 90245

icon 2 0823-9345-xxxx

icon 3 Sabtu - Minggu, 09.00 - 18.00


×