HARI 253 - 1 SAMUEL 17


Selamat membaca, mendengarkan, merenungkan, dan melakukan firman Tuhan. Kiranya Roh Kudus senantiasa menuntun Anda dalam memahami Sabda-Nya dan memampukan Anda menjadi pelaku firman. Tuhan Yesus Memberkati.

TUGAS ANDA, BACALAH 1 SAMUEL 17 (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN 1 SAMUEL PASAL 17 VERSI FIRMAN ALLAH YANG HIDUP (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN 1 SAMUEL PASAL 17 VERSI BAHASA INDONESIA MASA KINI (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN 1 SAMUEL PASAL 17 VERSI ALKITAB SUARA (Dengar Disini)

GARIS BESAR 1 SAMUEL 17
Goliat menantang tentara Israel; Daud tiba di medan pertempuran; Perkelahian Daud dengan Goliat.

PENJELASAN
Dalam perikop ini dua tokoh utama kitab 1 Samuel ini dipertemukan kembali dalam situasi yang berbeda. Saul, yang masih raja, tetapi sepertinya semakin tidak berdaya memimpin bangsanya. Buktinya, ia ketakutan bersama prajuritnya untuk menghadapi Filistin dan pendekar raksasa nya, yaitu Goliat (11). Ia juga pesimis untuk mendapatkan dari tengah pasukannya, seorang perkasa yang berani dan mumpuni untuk perang tanding melawan Goliat (25, 33). Sebaliknya Daud, yang hanya dikenal Saul sebagai pemuda yang selalu menghiburnya dengan kecapi, justru mendapatkan kesempatan untuk pergi ke medan perang atas permintaan orang tuanya untuk menengok beberapa kakaknya yang menjadi prajurit Saul. Di situ Daud mendapat dampratan dari kakak-kakaknya yang merasa kehadirannya tidak lebih dari keinginan kekanakan melihat keramaian (28). Namun Daud lebih peduli pada situasi di medan perang yang menurutnya tidak menunjukkan kualitas pasukan umat Tuhan dalam berperang (26).

17:50 DEMIKIANLAH DAUD MENGALAHKAN ORANG FILISTIN. Kemenangan Daud atas Goliat diperoleh karena karena imannya kepada Allah yang telah diuji dan dibuktikan dalam hidupnya. Daud mengasihi Allah yang membuatnya senantiasa mencari Allah dan wajah-Nya. Daud bersemangat dan sangat memperhatikan kehormatan Tuhan Allah Israel. Ia menyadari bahwa Goliat bukan saja menantang bala tentara Israel, tetapi Tuhan Yang Mahakuasa. Kepercayaan Daud akan kuasa Tuhan telah diperkuat oleh ingatannya akan masa-masa sebelumnya ketika ia berdoa dan mengalami kelepasan dari Allah.

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami:

0 Response to "HARI 253 - 1 SAMUEL 17"

Posting Komentar

CONTACT US

Untuk menghubungi Admin blog, silahkan pilih cara yang Anda sukai berikut. Kami akan langsung merespon Anda jika tidak berhalangan

icon 1 Pondok Padisari, Jl. Damai, Tamalanrea Indah, Makassar 90245

icon 2 0823-9345-xxxx

icon 3 Sabtu - Minggu, 09.00 - 18.00


×