HARI 229 - HAKIM-HAKIM 18


Selamat membaca, mendengarkan, merenungkan, dan melakukan firman Tuhan. Kiranya Roh Kudus senantiasa menuntun Anda dalam memahami Sabda-Nya dan memampukan Anda menjadi pelaku firman. Tuhan Yesus Memberkati.

TUGAS ANDA, BACALAH HAKIM-HAKIM 18 (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN HAKIM-HAKIM PASAL 18 VERSI FIRMAN ALLAH YANG HIDUP (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN HAKIM-HAKIM PASAL 18 VERSI BAHASA INDONESIA MASA KINI (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN HAKIM-HAKIM PASAL 18 VERSI ALKITAB SUARA (Dengar Disini)

GARIS BESAR HAKIM-HAKIM 18
Bani Dan menetap di Lais.

PENJELASAN

Kitab Hakim-Hakim terdiri dari 3 bagian: pengantar (ps. 1-2), kisah empat belas hakim (ps. 3-16), dan lampiran yang terdiri dari dua kisah (ps. 17-18, 19-21). Benang merah pasal 17-21 adalah "pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri" (Hak 17:6, 18:1, 19:1, 21:25). Secara kronologis, kisah-kisah ini terjadi pada periode yang dekat dengan kematian Yosua sehingga kita akan menjumpai tokoh-tokoh cucunya Musa pada kisah pertama (Hak 19:30) dan cucu Harun pada kisah kedua (Hak 20:28).

Suku Dan tidak mendapatkan warisannya sebab mereka tidak percaya kepada Allah saat menghalau musuh. Karena itu mereka harus mengembara untuk menemukan tempat. Dan bila kita teliti membaca sejarah Alkitab, suku Dan adalah suku yang paling tidak mempunyai andil dalam penaklukkan Kanaan bersama dengan Gilead dan Asyer. Sepertinya keengganan suku Dan mendukung saudara-saudaranya itu karena ia suku ini berdiam di perbatasan Israel sebelah utara.  Jadi ia lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang di sekitar sana.

Kalau kita membaca dengan seksama pasal ini ternyata kisah Mikha dan patung pahatannya ini terjadi di waktu-waktu awal dari bangsa Israel masuk ke tanah Kanaan. Walaupun kisah Mikha dan patung pahatannya dituliskan di pasal 17 dan 18 tapi sebenarnya kejadian ini terjadi di masa-masa hakim yang pertama atau kedua. Hal ini bisa dilihat bahwa ternyata orang Lewi yang di akhir pasal 17 merupakan cucu dari Musa dari Gersom yang bernama Yonatan (ayat 30). 

Selain itu pada waktu itu bani Dan belum memiliki tanah pusaka dan masih mencari tempat untuk mereka tinggali di tanah Kanaan (ayat 1-2). Mungkin kisah ini hanya terjadi dalam kurung waktu tahunan setelah Yosua meninggal. Fakta di atas mengingatkan kepada kita betapa mudahnya iman seseorang berbalik. Orang-orang Israel ini merupakan orang-orang yang melihat mujizat-mujizat Tuhan terjadi di depan matanya, mungkin hanya berselang satu generasi. Tapi ketika tidak ada pemimpin, mereka terserak dan bertindak menurut keinginan mereka sendiri.

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami:

0 Response to "HARI 229 - HAKIM-HAKIM 18"

Posting Komentar

CONTACT US

Untuk menghubungi Admin blog, silahkan pilih cara yang Anda sukai berikut. Kami akan langsung merespon Anda jika tidak berhalangan

icon 1 Pondok Padisari, Jl. Damai, Tamalanrea Indah, Makassar 90245

icon 2 0823-9345-xxxx

icon 3 Sabtu - Minggu, 09.00 - 18.00


×