HARI 71 - KELUARAN 21

TUGAS ANDA, BACALAH KELUARAN 21 (Baca Disini)

GARIS BESAR KELUARAN 21
Peraturan tentang hak budak Ibrani dan tentang jaminan nyawa.

PENJELASAN
Peraturan-peraturan yang berisi “kitab Perjanjian”, yaitu hukum bagi bangsa Israel yang mengatur masyarakat dan ibadahnya. Hukum-hukum ini, sebagian besar bersifat sipil, hanya berlaku bagi Israel, agama mereka dan kondisi serta lingkungan pada zaman itu. Akan tetapi, prinsip-prinsip yang terkandung di dalamnya – nilai-nilai seperti menghormati hidup dan komitmen kepada keadilan dan kejujuran – tetap sah selama-lamanya. 

Sekalipun Allah tidak secara langsung menghapuskan kejahatan seperti perbudakan atau poligami di Israel, Ia mengatur semua itu menjadikannya lebih manusiawi (Imamat 25:39-40; Ulangan 15:12-18). Pada satu pihak, perbuatan-perbuatan ini bukan cita-cita Allah. Pada pihak lain, Ia mengizinkannya untuk sesaat karena kekerasan hati manusia (Matius 19:8). Akan tetapi, dalam kitab Perjanjian Baru (PB), Allah mengungkapkan STANDAR YANG LEBIH TINGGI LAGI (Yoh 13:34 & Kol 3:22).

Ayat 12-17 menyebut empat kejahatan yang dikenakan hukuman mati oleh Allah: pembunuhan yang direncanakan, memukul orangtua, menculik dan mengutuk orangtua. Hukuman ini menunjukkan pentingnya hubungan yang patut antara manusia dan hubungan keluarga yang patut.

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami:

0 Response to "HARI 71 - KELUARAN 21"

Posting Komentar

CONTACT US

Untuk menghubungi Admin blog, silahkan pilih cara yang Anda sukai berikut. Kami akan langsung merespon Anda jika tidak berhalangan

icon 1 Pondok Padisari, Jl. Damai, Tamalanrea Indah, Makassar 90245

icon 2 0823-9345-xxxx

icon 3 Sabtu - Minggu, 09.00 - 18.00


×