HARI 368 - 2 TAWARIKH 1

Selamat membaca, mendengarkan, merenungkan, dan melakukan firman Tuhan. Kiranya Roh Kudus senantiasa menuntun Anda dalam memahami Sabda-Nya dan memampukan Anda menjadi pelaku firman. Tuhan Yesus Memberkati.

LATAR BELAKANG KITAB 2 TAWARIKH
Penulis : Ezra. Kitab 2 Tawarikh tidak menyebutkan nama penulisnya. Tradisi mengatakan bahwa kitab 2 Tawarikh ditulis oleh nabi Ezra.
Tema : Ibadah, Kebangunan Rohani, dan Pembaharuan Sejati
Tanggal Penulisan: 450-420 SM

Latar Belakang
Karena 1 dan 2 Tawarikh mula merupakan satu kitab dalam PL Ibrani, latar belakang 2 Tawarikh dibahas dengan lebih terinci dalam "Pendahuluan 1 Tawarikh".

2 Tawarikh meliput kurun sejarah yang sama dengan 1 dan 2 Raja-Raja -- yaitu, pemerintahan Salomo (971-931 SM) dan kerajaan terpecah (930-586 SM). Berbeda dengan 1 dan 2 Raja-Raja, yang merunut sejarah kedua belahan kerajaan itu, 2 Tawarikh hanya berfokus pada nasib Yehuda. Penulis memandang kerajaan Yehuda di selatan sebagai aliran utama dari "sejarah penebusan" Israel karena
  • Bait suci di Yerusalem tetap menjadi pusat penyembahan yang benar kepada Allah,
  • Raja-raja Yehuda adalah keturunan Daud, dan
  • Yehuda adalah suku yang terkemuka di antara orang-orang Yahudi yang kembali untuk membangun Yerusalem dan bait suci kembali.

2 Tawarikh ditulis dari perspektif seorang imam pada paruhan kedua abad ke-5 SM ketika bait suci, keimaman, dan perjanjian Daud kembali menjadi hal yang sangat penting.

Tujuan
Seperti 1 Tawarikh, 2 Tawarikh ditulis untuk kaum sisa Yahudi yang kembali dan berhadapan dengan kebutuhan mendesak untuk menemukan kembali warisan rohani mereka. Daripada menekankan sisi gelap dari sejarah Israel, kitab ini menekankan kebangunan rohani, pembaharuan, dan kebangkitan kembali iman bagi para buangan yang patah semangat, yang mencari masa depan dan pengharapan penebusan di tanah perjanjian.

Survai
Sejarah dalam 2 Tawarikh terbagi menjadi dua bagian utama:
  1. Pasal 1-9 (2 Taw 1:1-9:31) menceritakan masa pemerintahan Salomo, yang menjadi masa keemasan Israel dalam damai sejahtera, kuasa, kemakmuran, dan kehormatan. Sekalipun demikian, sesuai dengan tujuan utama seluruh Tawarikh, dua pertiga bagian dari sembilan pasal ini berfokus pada pembangunan dan penahbisan bait suci sebagai pusat penyembahan Israel yang sejati kepada Allah (pasal 2-7; 2 Taw 2:1-7:23).
  2. Pasal 10-36 (2 Taw 10:1-36:23) merupakan kisah yang sangat terpilih perihal para raja Yehuda setelah kematian Salomo dan perpecahan kerajaan itu. Di tengah-tengah kemerosotan rohani dan kemurtadan Yehuda, 2 Tawarikh menonjolkan raja-raja tertentu yang patut dipuji:

  • Asa (pasal 14-15; 2 Taw 14:1-15:19),
  • Yosafat (pasal 17, 19-20; 2Taw 17:1-19; 2 Taw 19:1-20:37),
  • Yoas (pasal 24; 2 Taw 24:1-27),
  • Hizkia (pasal 29-32; 2 Taw 29:1-32:33), dan
  • Yosia (pasal 34-35; 2T aw 34:1-35:26), yang masing-masing memulai dan memimpin masa kebangunan dan pembaharuan rohani.

Sebanyak 70% dari pasal 10-36 (2 Taw 10:1-36:23) berfokus pada para raja yang bertanggung jawab atas terjadinya kebangunan dan pembaharuan rohani ini, sedangkan hanya 30% yang membahas para raja yang bertanggung jawab untuk pencemaran dan kehancuran kerajaan. 

Kitab ini berakhir dengan keputusan Raja Koresy dari Persia yang mengizinkan para buangan Yahudi kembali dan membangun kembali bait suci mereka di Yerusalem (2 Taw 36:22-23).

Ciri-ciri Khas
Empat ciri utama menandai kitab ini:
1. Cakupan sejarahnya pada hakikatnya sama dengan kerangka waktu dalam 1 dan 2 Raja-Raja.

2. Fokus nya pada bait suci di Yerusalem sangat mungkin menerangkan mengapa kitab-kitab Tawarikh dimasukkan dalam bagian kitab bukan nubuat dalam PL Ibrani, dan dengan demikian terpisah dari Samuel dan Raja-Raja yang terdapat di bagian nubuat.

3. Kitab ini menampilkan lima kebangunan rohani nasional, termasuk:

  • Kisah kebangunan rohani yang menakjubkan dalam PL di bawah pimpinan Hizkia (pasal 29-32; 2 Taw 29:1-32:33) dan
  • Kebangunan rohani yang menakjubkan di bawah pimpinan Yosia, ketika "Kitab Hukum" ditemukan dan dibacakan di hadapan umum, yang mengakibatkan pembaharuan perjanjian dan perayaan Paskah (pasal 34-35; 2 Taw 34:1-35:19).

4. Nasihat kunci kitab ini ialah mencari Tuhan; penulis berkali-kali menekankan pentingnya mencari Tuhan dengan tekun dan dengan segenap hati (mis. 2 Taw 1:6-13; 2 Taw 6:14; 2 Taw 7:14; 2 Taw 12:14; 2 Taw 15:1-2,12-15; 2 Taw 16:9,12; 2 Taw 17:4; 2 Taw 19:3; 2 Taw 20:3-4,20; 2 Taw 31:21; 2 Taw 32:20-22; 2 Taw 34:26-28).

Penggenapan Dalam Perjanjian Baru
Sekalipun kerajaan Daud telah dihancurkan, keturunan Daud tetap hidup dan menemukan penggenapan nya di dalam diri Yesus Kristus (lih. silsilah dalam Mat 1:1-17 dan Luk 3:23-38). 

Bait Suci di Yerusalem juga mempunyai makna kenabian yang berkaitan dengan Yesus yang menyatakan, "Di sini ada yang melebihi Bait Allah" (Mat 12:6). Yesus juga membandingkan tubuh-Nya dengan bait suci, "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali" (Yoh 2:19). 

Akhirnya, di Yerusalem baru, Allah dan Anak Domba akan menggantikan Bait Suci: "Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu" (Wahyu 21:22).

TUGAS ANDA, BACALAH 2 TAWARIKH 1 (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN 2 TAWARIKH 1 VERSI FIRMAN ALLAH YANG HIDUP (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN 2 TAWARIKH 1 VERSI BAHASA INDONESIA MASA KINI (Baca Disini)
FIRMAN TUHAN 2 TAWARIKH 1 VERSI ALKITAB SUARA (Dengar Disini)

GARIS BESAR 2 TAWARIKH 1
Doa Salomo memohon hikmat; Harta kekayaan Salomo.

PENJELASAN
1:7 APA YANG HENDAK KUBERIKAN KEPADAMU. Allah yang memberikan berbagai karunia yang baik kepada anak-anak-Nya, menawarkan untuk memberikan Salomo apa saja yang dimintanya. Kita juga dapat meminta hal-hal baik dari Tuhan, karean Ia ingin memberikan kepada kita kebutuhan-kebutuhan yang perlu untuk hidup ini, kehadiran Roh Kudus-Nya, dan kasih karunia, kemurahan, dan keselamatan penuh untuk membantu kita dalam seluruh persoalan hidup ini.

1:10 BERILAH SEKARANG KEPADAKU HIKMAT. Hikmat, yaitu hati yang  bijaksana dan tajam tilik nya, yang melihat dan menimbang segala sesuatu dari sudut pandangan Allah dan Firman-Nya, adalah salah satu harta terbesar dalam kehidupan ini. Allah ingin memberikan hikmat ini kepada setiap orang percaya. Hikmat itu diterima melalui doa, pencerahan Roh Kudus dan penelitian Alkitab yang tekun untuk mempelajari jalan-jalan Allah.

1:12 KEBIJAKSANAAN DAN PENGERTIAN ITU DIBERIKAN KEPADAMU. Salomo diberikan hikmat dan pengertian, namun hal ini tidak menjamin bahwa dia akan bertekun dalam kesetiaan kepada Allah. Oleh karena itu Allah memperingatkan dia untuk berhati-hati hidup menurut jalan-jalan-Nya dan menaati semua perintah-Nya. 

Memiliki hikmat atau pengetahuan istimewa mengenai Firman Allah tidaklah menjamin bahwa seseorang akan hidup bagi Allah sesuai dengan hikmat itu dan mengikuti jalan-jalan-Nya. Kemudian di dalam hidupnya, Salomo meninggalkan Allah dan gagal melakukan apa yang diketahuinya adalah benar; karenanya ia ditolak oleh Allah.

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami:

0 Response to "HARI 368 - 2 TAWARIKH 1"

Posting Komentar

CONTACT US

Untuk menghubungi Admin blog, silahkan pilih cara yang Anda sukai berikut. Kami akan langsung merespon Anda jika tidak berhalangan

icon 1 Pondok Padisari, Jl. Damai, Tamalanrea Indah, Makassar 90245

icon 2 0823-9345-xxxx

icon 3 Sabtu - Minggu, 09.00 - 18.00


×